Thursday, January 8, 2009

JALAN AKU TERUSKAN.....



Jalan aku teruskan....kehidupan aku lalui tanpa kita tahu apa yang akan datang....aku dengan penuh sifat ingin tahu....apakah masyarakat didunia ini tahu apa tujuan sebenar kita hidup didunia ini....kat sini aku selitkan sedikit web yang aku searh...hehehe...tentang manusia dlam konsep muslim...k...

Manusia adalah salah satu makhluk ciptaan Allah yang dianugrahi akal pikiran dan memiliki potensi untuk beriman kepada Allah dan dengan akalnya mampu memahami dan mengamalkan wahyu serta gejala-gejala alam, memiliki rasa tanggung jawabatas segala tingkah lakunyadan berakhlak. Dengan anugrah itulah yang menjadikan manusia sebagai makhluk mulia, dimana makhluk lain tidak memiliki keistimewaan tersebut.

Allah memberikan akal kepada manusia tentu ada maksudnya. Salah satunya adalah untuk menjalankan amanah dari Allah sebagai khalifah di bumi. Sebagai mana firman Allah dalam Al Quran surat Faathir:39 :

”Dia-lah yang menjadikan kamu khalifah-khalifah di muka bumi.”

Kesejahteraan manusia di dunia hanya dapat terwujud kalau dan karena manusia mempergunakan akalnya. Sedangkan tujuan diciptakannya manusia adalah untuk menyembah dan beribadah kepada Allah, Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka beribadah kepada-Ku.”(Q.S. Adz Dzaariyaat:56).

Tidak ada perbedaan pendapat dalam mengertikan ”ibadah” dalam ayat di atas, apakah ibadah menurut arti lahirnya, yakni lafal tersebut diartikan dengan ibdah atau ditafsirkan dengan ma’rifah (mengenal Allah) sebagaimana diriwayatkan dari Ibnu Abbas r.a. bahwa kedua makna tersebut sesuai untuk lafal

”ibadah” itu, sebab ibadah itu tidak dapat dilakukan dengan sebenarnya tanpa ma’rifah, dan ma’rifah itu akan hampa bila tidak disertai dengan ibadah.

Sebagai individu, manusiapun mempunyai tujuan hidup sebagaimana yang di jelaskan oleh filsuf dan juga sufi Al Ghazali ”tujuan manusia sebagai individu adalah mencapai kebahagiaan dan kebahagiaan yang paling utama harus diketemukan di kehidupan yang akan datang, sarana utama kepada tujuan itu ada dua macam amal baik lahiriah berupa ketaatan kepada aturan-aturan tingkah laku yang diwahyukan dalam kitab suci dan upaya bathiniah untuk mencapai keutamaan jiwa”.

Amal baik lahiriyah bermanfaat karena ketaatan di samping dibalas langsung untuk kebaikan itu sendiri, juga mendukung akan perolehan keutamaan, namun kondisi bathin lebih penting dalam pandangan Tuhan daripada amal baik lahiriyah dan lebih mendatangkan pahala keutamaan. Di samping itu berpendapat bahwa kejahatan dan kebaikan hanya dapat diketahui melalui wahyu (dan tidak melalui rasio alamiah)

Selalunya kiat tak sedar...dunia makin lama....makin tua...sedangkan semasa nabi Muhammad SAW...dilihatkan oleh ALLAH SWT...usia bumi sudah tua sangat.....dan bnyak kejadian yang dikatakan TANDA2 KECIL HARI KIAMAT sudah separyh berlaku.....tidak heranlah kalau kiamat hendak berlaku.....ini sajalah...nak lebih taip jer kat internet...wassalam...


No comments:

Post a Comment